Forza Barcelona

FC Barcelona

Kamis, 25 September 2014

Cara membuat software

Software portable kian hari kian marak, hampir kebanyakan pengembang software mengembangkan versi portable. Dimana menggunakan software portable memiliki beberapa kelebihan diantaranya kemudahan pengoperasian, dimana kita tidak perlu repot - repot menginstal program tersebut terlebih dahulu dan Anda pun dapat menggunakanya dimana saja, kapan saja, lewat media apapun.

Walaupun software portable sudah banyak tersedia di internet, hanya tinggal mengunduh saja seperti yang di sediakan oleh situs INI. Tapi bagaimana jika Kita yang membuat software portable sendiri dengan mudah & tampa ribet?

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa mengikuti tutorial yang ada di blog ini langkahnya mudah kok.

Syaratnya Anda hanya perlu mengerti sedikit tentang Registry.

1. Yang petama kali Anda lakukan adalah menginstal program yang ingin di buat menjadi sebuah program portable ke dalam komputer, lakukan proses install program seperti biasa hingga proses selesai.




2. Buatlah sebuah folder untuk menyimpan file nantinya, nama & tempatnya bebas sesuai keinginan Anda.




3. Jika sudah selesai menginstal program, langkah selanjutnya adalah mebuka registry dengan cara menekan tombol windows + R atau Klik Start>All Program>Accessories>Run dan mengetikan 'regedit' (tampa tanda kutip) pada kotak dialog yang ada.





4. Setelah jendela Registry terbuka, maka langkah selanjutnya adalah menentukan letak file Registry dari program yang baru diinstal ke dalam komputer.




5. Buka file Registry HKEY_CURRENT_USER\Software\program yang diinginkan.
Seperti gambar di bawah ini




Lalu klik kanan pada key name tersebut lalu pilih export seperti yang di tunjukan pada gambar nomer 2, maka akan tampil sebuah jendela export lalu simpan dengan nama bebas ke direktori yang Anda telah buat tadi sebelumnya.

6. Cari file Registry HKEY_LOCAL _MACHINE \SOFTWARE\program yang diinginkan.
Lakukan hal yang sama seperti cara nomer 5.




7. Selanjutnya buka folder tempat menyimpan file Registry tadi, maka Anda akan melihat 2 buah file berekstensi .reg.




8. Langkah selanjutnya adalah meng-copy seluruh program file tersebut yang berada di C:\Program Files\Software \Program yang anda inginkan ke folder yang Anda buat tadi.




Lalu Anda tinggal mengeksekusinya program.exe saja, maka sebuah program portable sudah berhasil di buat. Tinggal pindahkan saja seluruh file tersebut ke Flash Disk atau media penyimpanan lainnya, agar bisa di bawa bawa.

Ternyata membuat software portable tidak sesulit yang di bayangkan bukan?

Semoga Bermanfaat :D

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi yang memberi Komentar :
Harap Tenang
Jangan Berisik
Jangan Merokok